Cara Mengajari Anak Agar Bisa Makan Sendiri
Keluarga

Cara Mengajari Anak Agar Bisa Makan Sendiri

Mengajar anak untuk makan sendiri adalah salah satu keterampilan awal yang setiap anak perlu diajarkan dan dilatih oleh orang dewasa dalam perjalanan pertumbuhan anak.

Cara Mengajari Anak Agar Bisa Makan Sendiri

Cara makan setiap anak sangat berbeda. Beberapa anak suka memberi susu botol tetapi beberapa lebih suka menyusui. Ketika mereka tumbuh dewasa, mereka membutuhkan lebih banyak energi melalui makanan yang berbeda dan ketika mereka pergi, mereka ingin makan sendiri. Orang tua memainkan peran penting dalam mengajar anak-anak mereka makan sendiri karena mereka ingin memberi makan anak-anak mereka pada tingkat keterampilan tertentu.

Cara mengajari anak agar bisa makan sendiri

Ajari anak Anda cara memberi makan dirinya dibagi menjadi dua bagian utama: makan makanan dengan tangan dan makan dengan sendok.

Makan makanan dengan tangan

Ingat untuk memberi makan anak Anda makanan yang aman dengan tangan. Mulailah dengan memberi mereka cukup kecil untuk dikunyah, ditelan dan larut dengan mudah di mulut Anda. Saat anak tumbuh, Anda bisa mulai menawarkan makanan yang lebih beragam.

Anda berlatih dengan saya berkali-kali. Makan adalah kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi dan membantu anak Anda untuk melakukannya. Anda duduk bersama anak-anak Anda, berbicara tentang makanan baru, bagi mereka menjadi potongan-potongan kecil, dan ambil tangan mereka sebagai model untuk mendorong mereka untuk memahami.

Orang dewasa harus selalu mengawasi anak-anak karena mereka belajar makan dengan tangan. Risiko tersedak dapat diminimalkan dengan memecah makanan.

Anda harus siap mental untuk menjadi berantakan karena balita sering sembarangan ketika mereka belajar makan. Gunakan kamisol, dan lepaskan karpet atau letakkan lapisan pelindung di bawah kursi tinggi anak Anda untuk meminimalkan situasi berbahaya.

Makan dengan sendok

Anda harus memilih ukuran yang tepat sebagai sendok teh sendok karena sendok besar tidak akan masuk ke mulut dan sulit untuk dimakan. Kami akan menggunakan dua sendok di awal: satu untuk anak Anda dan satu untuk Anda. Anak-anak makan seperti biasa dan mereka akan mulai mencoba menggunakan sendok pengganti secara bertahap.

Buatlah model untuk anak Anda menggunakan sendok dan kemudian bantu dengan memegang tangan anak untuk memandu dan memasukkan sendok perlahan ke dalam mulut.

Memilih makanan untuk anak Anda juga membutuhkan strategi. Jumlah makanan di sendok harus tipis sampai penuh dan sedalam mungkin sehingga bisa masuk ke mulut anak. Yogurt, keju, dan puding juga merupakan pilihan yang baik. Saat anak Anda tumbuh, beralihlah ke makanan dan sup yang lebih padat.

Makanan keluarga penting untuk mengajarkan keterampilan memberi makan sendiri, komunikasi, dan perilaku kepada anak-anak.

Sekian yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang Cara mengajari anak agar bisa makan sendiri, semoga dengan adanya tips ini, Anak Anda dapat makan sendiri dengan cara yang benar agar bersih dan aman terhidar dari berbagai penyakit akibat bakteri dan virus.