Cara membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi
Keluarga

Cara membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi

Pertumbuhan lambat adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang anak yang tidak tumbuh sesuai standar. Anak akan menambah berat badan atau tinggi badan lebih lambat daripada anak-anak lain dengan jenis kelamin dan usia yang sama.

Cara membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi

Perkembangan yang lambat juga dapat menyebabkan retardasi fisik, mental dan sosial. Dokter dan orang tua harus berbicara satu sama lain untuk mengembangkan cara yang mendukung untuk membantu anak tumbuh seperti anak pada umumnya. Anda dapat mengetahui cara membantu anak-anak mengatasi situasi ini.

Pahami penyebab pertumbuhan anak lambat

Untuk membantu anak-anak dengan pertumbuhan yang lambat, orang tua harus menyelidiki penyebab masalah ini. Ada banyak kemungkinan penyebab pertumbuhan yang lambat, dan kadang-kadang untuk banyak penyebab pada saat yang bersamaan.

Kegagalan untuk makan diet seimbang dapat memperlambat pertumbuhan. Jika orangtua salah menghitung rumus energi hariannya atau tidak memperhatikan anak ketika dia lapar, dia tidak akan menyerap cukup kalori.

Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan banyak penyakit lain seperti gangguan metabolisme dapat menyebabkan anak mengalami anoreksia atau muntah. Orang tua juga harus mencari tahu makanan apa saja yang tidak bisa dicerna. Jika anak Anda tidak mencerna protein dalam susu, tubuhnya mungkin tidak menyerap makanan dari susu seperti keju atau yogurt, yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat. Masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan sistem pencernaan juga cenderung mencegah anak mendapatkan berat badan.

Masalah-masalah ini termasuk GERD, cystic fibrosis, diare, penyakit hati kronis, dll. Penyakit menular, Pengembangan yang melibatkan jantung, paru-paru atau sistem endokrin dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat.

Pengobatan pertumbuhan anak yang lambat

Perawatan khusus untuk retardasi pertumbuhan biasanya tergantung pada penyebab penyakit, usia anak, penyakit sebelumnya dan pemeriksaan medis umum, dll. Sebuah tim profesional kesehatan termasuk seorang dokter, terapis, spesialis nutrisi, pekerja sosial, ahli genetika, dan spesialis lain yang merawat.

Jika keterlambatan perkembangan anak Anda disebabkan oleh masalah medis, perawatan rutin sudah cukup untuk membantu anak Anda mendapatkan berat badan normal. Jika anak Anda memiliki masalah emosional atau keadaan yang disebabkan oleh kehidupan rumah, perawatan harus ditambahkan pada konseling dan meningkatkan kehidupan keluarga.

Seringkali, dokter dapat mengunjungi secara teratur untuk mengobati anak-anak dengan retardasi pertumbuhan. Dokter Anda mungkin dapat menghitung asupan kalori anak Anda dan memberi Anda beberapa makanan yang disarankan kalori.

Orang tua harus menjaga waktu di antara waktu makan cukup lama agar anak-anak merasa lapar dan menghindari makanan kalori yang “kosong” seperti permen atau jus.

Untuk anak-anak dengan retardasi pertumbuhan yang lebih parah dan tidak berkembang setelah perawatan konvensional, tabung lambung harus digunakan. Perut dirancang untuk membawa makanan dari hidung ke perut. Makanan yang dimasukkan ke dalam tabung harus berupa makanan cair. Anda harus memberi anak Anda bypass lambung di malam hari, yang berarti anak masih berfungsi normal dan makan dengan bebas sepanjang hari. Hanya ketika anak mulai mengonsumsi lebih banyak kalori dan merasa lebih baik, maka anak Anda akan makan kembali dan Anda tidak perlu menggunakan alat bantuan lagi.

Waktu yang dibutuhkan seorang anak untuk kembali ke perkembangan normal tergantung pada penyebab penyakit dan tingkat keparahannya. Anak dapat membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan seumur hidup untuk pulih jika kondisi ini kronis.

Luangkan waktu untuk merawat dan memberikan nutrisi yang cukup agar anak Anda bisa tumbuh normal.