4-Masalah-Kehamilan-Yang-Harus-Di-Ketahui-Oleh-Ibu-Hamil
Kesehatan

4 Masalah Kehamilan Yang Harus Di Ketahui Oleh Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, kita seringkali mengalami masalah pada kesehatan kita. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh kita selama hamil jauh lebih rendah jika dibandingkan saat tidak hamil. Oleh sebab itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk benar – benar menjaga kesehatan tubuhnya, juga kesehatan janin yang dikandungnya.

4-Masalah-Kehamilan-Yang-Harus-Di-Ketahui-Oleh-Ibu-Hamil

Selain itu, membekali diri dengan informasi yang cukup sebagai tindakan pencegahan berbagai masalah kehamilan juga sangat penting. Sebab, dengan mengetahui cukup informasi tentang masalah – masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan, anda juga bisa membuat langkah pencegahan tersendiri agar kehamilan tetap sehat dan anda bisa melahirkan dengan nyaman nantinya. Masalah apa saja yang biasa terjadi pada ibu hamil? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Keguguran

Keguguran atau disebut juga miscarriage, adalah kehamilan karena keluarnya janin sebelum waktunya. Pengeluaran janin mati sebelum usia 20 minggu atau dengan berat di bawah 500 gram dianggap sebagai keguguran. keguguran terjadi pada 15 persen kehamilan dan dapat terjadi baik secara spontan maupun karena tindakan. Masalah yang satu ini juga merupakan masalah yang banyak di alami oleh ibu hamil. Utnuk itu anda harus lebih hati – hati untuk menjaga diri anda.

2. Hipertensi pada ibu hamil

Hipertensi dapat terjadi baik sebagai kelanjutan sebelum hamil atau baru setelah minggu ke 20 kehamilan. Tekanan darah dikatakan tinggi bila tekanan sistolik 140 dan diastolik 90. Selain tekanan darah tinggi, preeklamsia juga ditunjukkan oleh adanya proteinuria (protein dalam air seni) dan pembengkakan pada muka dan badan. Preeklamsia berisiko menyebabkan kematian ibu dan bayi.

3. Diabetes Mellitus

Kencing manis terjadi pada 4% ibu hamil dan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, antara lain berupa bilirubin tinggi dan kalsium yang rendah. Wanita dengan riwayat keluarga diabetes, berat badan berlebih, dan berusia di atas 35 tahun berisiko mengidap diabetes selama kehamilan.

4. Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing terjadi pada 5 – 9 persen wanita hamil. Jenis infeksi yang umum terjadi adalah cystitis (radang kandung kemih) dan pyelonephritis (radang ginjal). Dengan itu anda harus mewaspai agar tidak terjadi maslah tersebut di saat masa kehamilan anda .

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi selama masa kehamilan. Meski kita semua berharap untuk proses kehamilan yang lancar dan tanpa gangguan masalah, tapi mengedukasi diri sendiri tentang berbagai kemungkinan agar kita menjadi lebih berhati – hati dalam menjaga kesehatan kita selama masa kehamilan, tentu tidak ada salahnya jika kita harus waspada dari 4 masalah kehamilan yang harus di ketahui oleh ibu hamil yang sudah kami lansir di atas. Semoga bermanfaat.